Minyak Bakar bukan merupakan produk hasil destilasi tetapi hasil dari jenis residu yang berwarna hitam. Minyak jenis ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi dibandingkan minyak diesel. Pemakaian BBM jenis ini umumnya untuk pembakaran langsung pada industri besar dan digunakan sebagai bahan bakar untuk steam power station dan beberapa penggunaan yang dari segi ekonomi lebih murah dengan penggunaan minyak bakar. Minyak Bakar tidak jauh berbeda dengan Marine Fuel Oil (MFO).
Jenis : MFO 180 cSt, MFO 380 cSt.
Spesifikasi :
NO | PROPERTIES | SATUAN/UNIT | LIMITS | TEST METHODS | ||
MIN | MAX | ASTM | IP | |||
1 | Specific Gravity 60 / 60 °F | - | 0.990 | D-1298 | ||
2 | Viscosity Redwood 1/100 °F | Secs | 400 | 1250 | D-445 *) | IP 70 |
3 | Pour Point | °F | - | 80 | D-97 | |
4 | Calorific Value Gross | BTU/lb | 18.000 | - | D-240 | |
5 | Sulphur Content | % wt | - | 3.5 | D-1551/1552 | |
6 | Water Content | % vol | - | 0.75 | D-95 | |
7 | Sediment | % wt | - | 0.15 | D-473 | |
8 | Netralization Value : | |||||
- Strong Acid Number | mgKOH/gr | - | Nil | |||
9 | Flast Point P.M.c.c | °F | 150 | - | D-93 | |
10 | Conradson Carbon Residu | % wt | - | 14 | D-189 |
*) Kinematic Viscosity Conversion Spesifikasi sesuai Surat Keputusan Dirjen Migas No.003/P/DM/MIGAS/1986. Tanggal 14 April 1986.